Kamis, 09 Desember 2010

WIRAUSAHA
GERBANG DALAM MELAKUKAN PERUBAHAN DAN INOVASI
Dalam era kompetitif saat ini, dimana kita akan menghadapi perdagangan bebas, diperlukan sumber daya manusia (sdm) yang handal. Lihatlah negara kita yang masih memiliki banyak pengangguran. Hal ini menandakan kita masih sangat membutuhkan berjuta-juta Bill Gates (microsoft), Mark Zuckerberg (Facebook), Steve Jobs (Apple), dan anda. Semakin ketatnya persaingan menuntut kita untuk lebih kreatif dan inovatif. Salah satu cara dimana kita bisa menjadi lebih kreatif, inovatif dan membuat perubahan yang signifikan adalah menjadi wirausahawan atau pengusaha. Berwirausaha tidak hanya memberikan kebebasan dalam berusaha dan berinovasi namun juga dapat membantu orang lain dalam membuat lapangan pekerjaan. Tugas yang berat namun sangat mulia.
BELAJAR WIRAUSAHA SEJAK MAHASISWA
Saat ini, pemerintah semakin menyadari akan pentingnya peranan wirausaha khususnya usaha kecil dan menengah (ukm) di indonesia. Tidak hanya pemerintah memberikan kredit lunak seperti kredit usaha rakyat (kur) kepada ukm namun juga pemerintah mulai memberikan perhatian yang besar dan mendalam terhadap bibit-bibit muda khususnya untuk para mahasiswa di perguruan tinggi, misalkan dengan memberikan dana dan pelatihan/pembinaan melalui dikti ataupun lembaga lainnya (misal mandiri, bukopin, dsb) dalam memulai usahanya untuk mahasiswa. Selain itu, semakin giatnya perguruan tinggi dalam menunjang program pemerintah tersebut, maka topik kewirausahaan sudah masuk menjadi bagian kurikulum sehingga kedepannya mahasiswa bisa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup dalam mengembangkan usahanya. Perguruan tinggi juga semakin giat dalam mengikutsertakan mahasiswanya yang memiliki jiwa wirausaha ke perlombaan tingkat nasional. Perlombaan/pameran wirausaha yang diadakan oleh pemerintah (misal pimnas, dll) maupun berbagai organisasi lainnya (misal wirausaha muda mandiri) pun semakin meningkat pesat. Dengan turut sertanya mahasiswa dalam perlombaan dan pameran wirausaha, maka otomatis dapat meningkatkan portofolio usahanya sehingga dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas.
KEMAMPUAN TEKNOLOGI MEMBANTU ANDA DALAM BERWIRAUSAHA
Dengan didukung kemampuan teknologi informasi, menjadi wirausaha dapat dimulai dengan modal nol rupiah jika sudah memiliki pengetahuan dengan internet (misal memulai usaha dalam menjual produk atau layanan di facebook, blog; membuat aplikasi kecil di skype, dsb). Cukup menggiurkan bukan? Selain dapat duit jajan ‘tambahan’ bagi mahasiswa dan dapat membantu orang tua dalam membayar uang kuliah, mahasiswa juga dapat memperluas jaringan pertemanan sekaligus membantu teman untuk ikut berpartisifasi dalam berusaha, pengetahuan lainnya selain yang didapat dari kuliah (seperti pemasaran, pengembangan produk, dsb), meningkatkan tehnik berkomunikasi dan negosiasi, belajar dalam manajemen waktu dan menjadi personil profesional. Selain itu, bisnis dapat dipilih sebagai pekerjaan utama ataupun sampingan.
BEKAL “ UNTUK MEMULAI USAHA
Menjadi wirausahawan bukan berarati tidak ada hambatan yang mesti mereka lalui, mereka harus berani menanggung dan mengambil resiko, disiplin, mandiri, mengelola waktu dengan baik, konsisten, kritis, dan pantang menyerah. Seperti kata pepatah, perjalanan menjadi wirausahawan akan dilalui dengan bersakit-sakit dahulu bersenang-senag kemudian. Diawali dari mencari modal, investor dan konsumen, membuat rencana bisnis, mengembangkan dan memasarkan produk atau layanannya sampai dengan mencari profit yang tinggi. Untuk mendapatkan profit yang tinggi, tentu saja wirausahawan harus memiliki strategi bisnis yang baik serta produk atau layanan yang disukai oleh konsumen. Mereka juga harus “mendengar” apa yang menjadi kesukaan dari konsumen. Selain itu, wirausahawan sebaiknya ikut serta dalam forum ataupun diskusi wirausaha untuk mendapatkan tip dan trik yang tepat dalam mengembangkan usahanya. Akan lebih baik jika wirausahawan muda memiliki mentor yang kompeten (misal dosen, orang tua, saudara, teman, dll) sehingga dapat memberikan arahan pengembangan bisnisnya. Hal lain yang harus diperhatikan adalah jangan takut untuk mendiskusikan ide bisnis kalian terhadap orang yang kompeten sehingga bisa didapat hasil yang maksimal. Kesempatan tidak datang dua kali, tunggu apalagi untuk meraihnya!
PEOPLE ARE LEARNING HOW TO USE THE SITE AND WHAT’S OK TO SHARE. AS TIME GOES ON, PEOPLE WILL LEARN WHAT’S APPROPRIATE, WHAT’S SAFE FOR THEM- AND LEARN TO SHARE ACCORDINGLY.”
( MARK ZUCKERBERG )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar