Kamis, 09 Desember 2010

STRATEGI MEMBUAT SURAT LAMARAN PEKERJAAN
STRATEGI APA SAJA YANG MESTI DILAKUKAN
BERIKUT BEBERAPA TIP DAN TRIK YANG DAPAT ANDA PRAKTIKKAN :
  1. Buatlah surat lamaran pekerjaan anda dan data diri semenarik mungkin ( tanpa melupakan kaidah/norma-norma membuat surat lamaran ). Dengan membuat surat lamaran menarik, target anda tak lagi 10 detik pertama saja, tapi pembacanya dapat menilik surat lamaran anda hingga 1 menit kedepan dibandingkan dengan pesaing-pesaing lainnya.
  2. Untuk menciptakan kesan pertama yang menarik bagi pihak perusahaan dalam waktu singkat, letakkanlah pengalaman kerja anda pada awal CV, bukan rincian mengenai pribadi dan pendidikan anda. Buatlah sebuah ringkasan pendek untuk kapabilitas anda atau sebuah daftar prestasi-prestasi utama yang telah anda raih. Ingat, hal ini harus dapat membuat pihak perusahaan untuk mengundang anda wawancara. Tapi berhati-hatilah, jangan terlalu berlebihan dalam menjual profil diri.
  3. Untuk tampilan format lamaran, gunakanlah desain formal yang sudah tersedia di MS. Word seperti diagram, word art, clip art, dll.
  4. Buatlah lay out yang baik dalam lamaran anda. Kenampakan lay out (tata letak) CV anda merupakan hal penting. Meskipun kata-kata yang digunakan sudah tepat, tapi bila seseorang tidak dapat menemukan informasi yang mereka harapkan dengan cepat, maka orang tersebut akan beralih pada CV lainnya. Anda harus dapat menggunakan sebaik mungkin ruang kosong pada CV anda dan membuat headings (kepala judul) dengan tepat.
  5. Ketiklah lamaran anda dengan mengunakan komputer. Jangan pernah menggunakan tulisan tangan atau alat lainnya yang mengesankan ketinggalan zaman.
  6. Sebaiknya gunakanlah kertas yang bagus, tidak selalu HVS A4 dengan kualitas yang baik, yaitu 80-100 gram (bisa juga menggunakan kertas jenis lain tapi yang bersih). Kemudian tulislah surat secara rapi dan menarik seperti saat anda sedang menulis surat cinta.
  7. Perhatikan panjang CV anda, yaitu berkisar dua halaman A4. Usahakan jangan lebih dari itu karena pihak perusahaan tidak ingin mengetahui keseluruhan sejarah hidup anda. Mereka hanya butuh informasi yang memungkinkan anda untuk diwawancara.
  8. Ingatlah bahwa CV adalah dokumen penjualan anda kepada pihak perusahaan, karena itu kemukakanlah prestasi dan keuntungannya bila perusahaan mempekerjakan anda. Jika tidak, maka CV anda akan diabaikan. Pasalnya, pihak perusahaan hanya akan mempekerjakan anda bila ia dapat melihat keuntungan perusahaan.
  9. Terakhir, masukan rincian informasi yang cukup tentang pekerjaan dan pengalaman terdahulu serta perhatikan ejaan maupun tata bahasa yang digunakan dalam lamaran. Kesalahan kecil akan membuat CV anda ditolak. Sebaiknya cek kembali CV anda sebelum dikirimkan kepada sebuah perusahaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar